Did You Know? In 10 minutes, a hurricane releases more energy than all of the world's nuclear weapons combined.
RSS Feeds:
Posts
Comments

BAB I

PENDAHULUAN

A. Pengantar

Pada perekonomian sekarang ini, investasi yang tidak begitu terpengaruh langsung oleh kondisi moneter yang terpuruk adalah usaha persuratkabaran. Bahkan terdapat kecenderungan bahwa permintaan jumlah surat kabar yang terbit semakin bertambah karena meningkatnya kebutuhan untuk mendapatkan informasi yang up to date tentang perkembangan nasional dan internasional yang terjadi. Di samping itu surat kabar merupakan sarana hiburan yang memuat tulisan-tulisan yang segar dalam kolom surat kabar yang bisa dinikmati siapa saja dengan biaya yang relatif murah.

PT Kedaulatan Rakyat merupakan salah satu perusahaan persuratkabaran yang terbit di Yogyakarta. Adanya peningkatan permintaan terhadap jumlah surat kabar juga terjadi pada surat kabar Kedaulatan Rakyat. Dalam hal ini PT Kedaulatan Rakyat bahkan menjadi salah satu perusahaan persuratkabaran dengan jaringan pemasaran terluas meliputi Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Irian Jaya.

Sejalan dengan adanya situasi dan kondisi yang menunjang terciptanya iklim pemasaran surat kabar yang baik dirasakan perlu untuk melakukan investasi baru yang berupa pembelian alat bantu di bidang produksi surat kabar. Dalam hal ini alat bantu yang dimaksud adalah mesin cetak ukuran kecil dengan teknologi dapat mencetak dari jarak jauh. Hal ini dimungkinkan dengan adanya sistem teknologi komputer yang canggih, sehingga pencetakan jarak jauh dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi tersebut. Dengan adanya pencetakan dari jarak jauh ini maka diharapkan surat kabar Kedaulatan Rakyat dapat rutin terbit setiap hari di luar Pulau Jawa.

Sekarang ini yang menjadi pertanyaan adalah apakah investasi yang berupa pembelian mesin cetak baru dengan teknologi cetak jarak jauh memang tepat untuk dilakukan perusahaan, mengingat biaya yang diperlukan untuk membeli mesin cetak tersebut tidak sedikit. Untuk itu Penulis merasa tertarik untuk mengadakan analisis mengenai kelayakan invetasi pembelian mesin cetak baru tersebut dengan judul yang diajukan adalah Analisis Kelayakan Investasi Pembelian Mesin Cetak Jarak Jauh (Studi Kasus di PT Kedaulatan Rakyat Yogyakarta).

B. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas, maka masalah yang timbul adalah layakkah investasi pembelian mesin cetak jarak jauh itu dilaksanakan?

C. Maksud dan Tujuan Penulisan

Maksud dan tujuan penulisan makalah ini adalah :

  1. Untuk memenuhi salah satu syarat dalam menempuh studi pada Program Magister Administrasi Publik Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
  2. Untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama mengikuti kegiatan perkuliahan dalam satu proyek yang dapat diterapkan di lapangan.

    D. Ruang Lingkup Makalah

    Ruang lingkup makalah ini adalah perencanaan proyek investasi mesin cetak yang terdiri dari :

    1. Uraian tentang kegiatan yang terkait dengan proyek.
    2. Dana yang dibutuhkan untuk membangun proyek.
    3. Studi kelayakan proyek.

        Baca selengkapnya »

      ===================================================
      Ingin memiliki Skripsi/Tesis versi lengkapnya? Hubungi Kami.
      ===================================================

      Keterangan:
      Skripsi-Tesis yang ada di situs ini adalah contoh dari bagian dalam skripsi atau Tesis saja. Bagi yang berminat untuk memiliki versi lengkap dalam format Softcopy hubungi ke nomor HP. 081904051059 atau
      Telp.0274-7400200
      . Skripsi Rp300rb, Tesis Rp500rb. Layanan ini bersifat sebagai referensi dan bahan pembelajaran. Kami tidak mendukung plagiatisme.

      Tulisan terkait:

      Tags:

      Layanan Pencarian Data dan Penyedia Referensi Skripsi Tesis   No.HP.0819.0405.1059  Home: (0274) 7400200

      pembuatan makalah, judul, proposal, skripsi tesis, disertasi,