Did You Know? On average,100 people choke to death on ball-point pens every year.
RSS Feeds:
Posts
Comments

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Minyak goreng termasuk kebutuhan pokok manusia yang dapat digunakan sebagai medium penggoreng bahan pangan. Sebagian besar manusia mengkonsumsi bahan makanan yang digoreng. Dalam penggorengan, minyak goreng berfungsi sebagai medium penghantar panas, menambah rasa gurih dan kalori dalam bahan makanan.

Penelitian ini menggunakan objek yang digoreng yaitu ayam karena ayam pada saat ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat dan kandungan lemak pada ayam cukup tinggi sehingga akan mempercepat pembentukan angka peroksida.

Minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng berulang akan mengalami penurunan mutu diantaranya warna, kekentalan, angka peroksida dan angka asam. Kebiasaan masyarakat melakukan penggorengan berulang bertujuan untuk penghematan.

Kerusakan minyak goreng selama proses menggoreng mempengaruhi mutu dan nilai gizi dari bahan makanan yang digoreng. Minyak yang rusak merupakan akibat dari proses oksidasi dan polimerisasi yang menghasilkan makanan menjadi kurang menarik dan cita rasa tidak enak, serta kerusakan sebagian vitamin dan asam lemak jenuh yang terdapat dalam minyak (Ketaren,2005).

Minyak goreng yang memiliki angka peroksida melebihi batas yang telah ditentukan akan membentuk akrolein dan kandungan asam lemak bebas menjadi tinggi/meningkat. Meningkatnya kandungan asam lemak bebas sangat berbahaya bagi kesehatan, seperti berpengaruh terhadap lemak dalam darah yang kemudian dapat menimbulkan kegemukan (obesitas), mendorong penyempitan pembuluh darah arteri (arteriosclerosis), yang dapat menimbulkan terkenanya penyakit jantung (Winarno, 1999).

Masyarakat sering menggunakan minyak goreng berulang dengan tujuan penghematan tetapi membahayakan kesehatan karena apabila peroksida melebihi ambang batas akan bersifat racun dan peroksida dalam sistem peredaran darah mengakibatkan kebutuhan vitamin E menjadi lebih besar. Sehingga penulis tertarik untuk mengambil judul “ Pengaruh Penggunaan Minyak Goreng Berulang pada Penggorengan Ayam terhadap Angka Peroksida “.

B. Perumusan Masalah

Pemanasan minyak goreng berulang dapat meningkatkan angka peroksida. Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan masalah penelitian yaitu : Apakah ada pengaruh dari penggunaan minyak goreng berulang terhadap Angka Peroksida?

    Baca selengkapnya »

===================================================
Ingin memiliki Skripsi/Tesis versi lengkapnya? Hubungi Kami.
===================================================

Keterangan:
Skripsi-Tesis yang ada di situs ini adalah contoh dari bagian dalam skripsi atau Tesis saja. Bagi yang berminat untuk memiliki versi lengkap dalam format Softcopy hubungi ke nomor HP. 081904051059 atau
Telp.0274-7400200
. Skripsi Rp300rb, Tesis Rp500rb. Layanan ini bersifat sebagai referensi dan bahan pembelajaran. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Tulisan terkait:

Tags:

Layanan Pencarian Data dan Penyedia Referensi Skripsi Tesis   No.HP.0819.0405.1059  Home: (0274) 7400200

pembuatan makalah, judul, proposal, skripsi tesis, disertasi,